Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 26 Maret 2012

0 Pengertian Dan Contoh Majas Litotes

Majas Litotes - Apa itu majas litotes? apa pengertiannya dan apa saja contoh majas litotes itu? tanpa terasa kita sebagai masyarakat indonesia telah menggunakan majas dalam kehidupan sehari hari tak luput adalah majas litotes yang akan kita bahas ini.

Definisi & Pengertian Majas Litotes

Saya Mendapat 4 refensi dalam mengartikan makna majas litotes.

Referensi yang pertama menyebutkan pengertian majas litotes adalah Majas yang dipakai untuk menyatakan sesuatu dengan tujuan merendahkan diri. Sesuatu hal dinyatakan kurang dari keadaan sebenarnya atau suatu pikiran dinyatakan dengan menyangkal lawan katanya. ( Definisi & Pegertian Majas Litotes # 1  ) ( BS - E Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X, karangan Sri Utami, Sugiarti, Suroto, Alexander Sosa )

Refensi yang kedua meyebutkan Majas litotes adalah gaya bahasa yang mengungkapkan sesuatu yang baik menjadi bersifat negatif.( Definisi & Pegertian Majas Litotes # 2 ) ( http://www.smak2.com )

Sedangkan referensi yang ketiga meyebutkan pengertian Majas Litotes adalah majas yang mengungkapkan perkataan dengan rendah hati dan lemah lembut. Biasanya hal ini dicapai dengan menyangkal lawan daripada hal yang ingin diungkapkan. ( Definisi & Pegertian Majas Litotes # 3 ) ( http://id.wikipedia.org/wiki/Litotes )

Referensi Yang terahir berbunyi " Litotes is a figure of speech in which a person uses a negative statement to enforce the positive. For example, saying not bad instead of good. It’s really an understatement. " Yang kurang lebih memiliki arti sebagai berikut " Litotes adalah sebuah gaya bahasa dimana seseorang akan menggunakan kata yang bersifat negatif untuk menggambarkan sesuatu yang bersifat positif ( Maknai kata Negatif & Positif sebagai Sesuatu yang berlawanan )" ( Definisi & Pegertian Majas Litotes # 4 ) ( http://literaryzone.com/?p=143 )

Saya sebagai seorang penulis artikel ini saya dapat meyimpulkan sendiri apa itu definisi & pengertian majas litotes, "Majas Litotes adalah sebuah gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu tidak seperti keadaan nyatanya, ke dalam koteks yang lebih rendah dan cenderung merendahkan diri maupun kedaan" ( Kesimpulan Definisi & Pegertian Majas Litotes ) ( By Muhammad Alfiansyah )


Contoh - Cotoh Majas Litotes / Kumpulan Majas Litotes

a. Kedudukan saya ini tidak ada artinya sama sekali.
b. Apa yang kami hadiahkan ini sebenarnya tidak ada artinya sama sekali bagimu.
c. Mampirlah ke gubuk saya!
d. Akan kutunggu kehadiranmu di bilikku yang kumuh di desa
e. Wanita itu parasnya tidak jelek
f. Sakit saya tidak seberapa serius, hanya tumor kecil di otak

0 komentar:

Daftar Blog Saya

 

Selamat Datang Di ERICKVAND BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Erickvand Tampilang,saya seorang Mahsiswa S1 pendidikan Biologi Diuniversitas Negeri Gorontalo.

Erick