Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 28 Maret 2012

0 Organisme Prokariot

salah satu Klasemen makhluk hidup adalah prokariot. dalam materi ini kita akan tahu apa prokariot itu,apa ciri organisme prokariot itu dan tipe-tipe organisme prokariot itu. 

Prokariot
Istilah prokariot berarti “sebelum” nukleus (dari bahasa Yunani) bukan berarti “tanpa” nukleus. (Frank B. Salisbury dan Cleon W Ross, 1995:3).
Prokariot adalah organisme paling banyak yang ada di bumi, yang paling awal muncul, mereka adalah bentuk pertama dari kehidupan. Prokariot adalah organisme bersel tunggal yang tidak mempunyai membran nukleus. Prokariot telah berevolusi menjadi beberapa bentuk, dan sekarang menjadi bagian dari setiap kehidupan di bumi. Mereka telah ditemukan di dasar samudra 9,6 km di bawah permukaan air dan di bagian Arctic dan Antartika.

Tidak seperti organisme yang lain, prokaryot mempunyai sedikit perbedaan morfologi yang dapat digunakan untuk mengelompokkannya, prokaryot tidak bervariasi dalam ukuran dan bentuk. Secara tradisional telah dikelompokkan berdasarkan struktur, fisiologi, dan komposisi molekuler.

Prokariot mempunyai beberapa ciri-ciri, yaitu:
1. Tidak mempunyai membran nukleus.
2. Mempunyai ribosom yang berbeda dengan eukariot.
3. Hampir semua prokariot lebih kecil dari eukariot yang paling kecil.
4. Bersel tunggal (uniseluler).

Dengan membandingkan ribosom RNA, para ilmuwan telah menemukan bahwa ada 2 tipe yang berbeda dari prokariot, yaitu:
a)Archaeobacteria
b)Eubacteria (bakteri).

0 komentar:

Daftar Blog Saya

 

Selamat Datang Di ERICKVAND BLOG

Selamat datang di Blog saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya ini. Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog saya,apabila berkenan silahkan berkomentar dan follow blog saya,mari kita saling berbagi ilmu tentang apa saja...

Sekilas tentang penulis

Nama saya Erickvand Tampilang,saya seorang Mahsiswa S1 pendidikan Biologi Diuniversitas Negeri Gorontalo.

Erick